Tag:balap, bikin, cara, drag, honda, kebut, kenceng, kohar, laju, mesin, motor, mudah, noken as, Porting, race, racing, suzuki, Yamaha

- Menambah kapasitas mesin – Kapasitas mesin lebih besar berarti lebih
bertenaga, bukan berarti kapasitas kecil ga bisa kencang, orang yang
bore up gila2an aja kadang masih kalah dengan yang kapasitasnya lebih
kecil
Tapi mengesampingkan hal itu semua, untuk motor harian, meningkatkan kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki prestasi motor, karena kamu bisa memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin, masuk akal bukan…
Caranya hanya ada dua : Melesakkan piston dengan diameter lebih besar, atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengan pen stroker aftermarket yang umum dijual di pasaran.

- Meningkatkan Rasio – Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti
memproduksi tenaga lebih, sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan
campuran udara/bahan bakar , semakin cepat campuran ini menyembur
menjadi api secara spontan, namun tentunya harus diimbangi dengan oktan
bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa
mesin motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah
umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka
memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas
caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder
head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang
bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok
yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya emberrrr
Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.

- Mudahkan udara mengalir masuk – Ketika piston meluncur mundur atau
turun pada langkah hisap, hambatan udara dapat merampok pundi-pundi
tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa dikurangi dengan modifikasi
serius, karena kesalahan bisa berakibat fatal, melakukan modifikasi pada
saluran pemasukan silinder atau seringkali disebut Porting, selain
memperbesar volumenya, pun harus memperhatikan geometri porting agar
lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang mampu
mengurangi hambatan secara drastis adalah konfigurasi multi klep masuk
atau menempatkan 2 klep masuk dalam sebuah silinder. Dan intake manifold
yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu sangat bagus
melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke porting.
membuka filter udara adalah cara yang paling mudah
-
Bathtub Cylinder Head by. RAT
- Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara
membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin.
Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha…
sama gak sih?!
Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho…
Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut…
Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan tenaga mesinnya.
- Buat semuanya ringan – Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.

- Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis. Jadi, mengapa mengganti injeksi dengan karburator jika ingin meningkatkan tenaga motor? Cape deh…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar