banyak faktor buat memaximalkan biar si Raja Standar larinya lebih
yahut:
1. Naikin kompresi:
banyak cara penunggang naikin kompresi
degan cara dibubut dll. untuk standar cukup ganti paking yg di head blok
dengan yg lebih tipis bahkan ada yang gak pake paking sama sekali dan
cuma dipakein lem paking doang biar gak rembes. maksudnya agar piston
lebih nyembul ke arah head blok.
2. pengapian
untuk nambah gede
pengapian banyaklah cara: salah satunya yang paling gampang adalah copot
aja kabel yang dari kiprok untuk charging accu sehingga arus mengalir
lebih besar lagi ke koil dalam hal ini si accu jadi gak berfungsi.
tetapi impactnya bohlam lampu motor ente jadi cepet putus bro, akalin
aja dengan mengganti bohlam dengan watt yang lebih besar. kalo masih gak
mau repot juga, ganti aja kop businya pake model racing biasanya
komponen dalamnya menggunakan bahan tembaga.
3. Carburator
untuk
standar gak perlu di reamer, cukup ganti pilot dan main jetnya aja. coba
aja ganti kedua spuyer tersebut step by step. misal PJ/MJ standar
22.5/150 naikin 1 step dulu ke 25/155 (biasanya kenaikan ukuran adalah
2.5) kalo masih kurang sip naikin 1 step lagi PJ menjadi 27.5/155. itu
udah cukup.
4. Suplai Udara
untuk ngimbangin menambah derasnya
kabutan bahan bakar dari spuyer tersebut, copot aja busa saringan udara
yang ada di batok penutup sebelah kiri. atau mencopot karet intake udara
yang ada diatasnya yg berbentuk "L" untuk mencopotnya bro mesti buka
Jok-nya dulu.
5. Gear / Sproket
biasanya gear/gir/sproket standar
king Depan/Blakang adalah: 15/37 coba aja ganti yang lebih kecil namun
jangan terlalu extrim. misal ganti dengan 15:35, atau 14/35, atau 16/33.
jadi sesuaikan aja dengan keinginan dan selera bro agar napas mesin
raja jadi lebih panjang atau mana yg lebih dirasa sesuai dengan karakter
bro.
6. Knalpot
peranti yg satu ini sangat berperan dalam hal
tersebut diatas, ada dengan cara ngebelek toet/trang2/trung2/chamber/
dan macem2lah orang nyebutnya. kalo gak mau ngebelek knalpot cukup ganti
saringan knalpotnya pake model maestro (banyak dijual paling cuma
Rp.25.000) namun tetep kurang maksimal karena masih ada skat yang
menahan laju buangan atau tendangannya.
7. katup buluh/Membran (Reed
valve)
adanya didalem intake yang ada selang YEIS (yang menghubungkan
karburator ke arah intake blok mesin). bro bisa ganti pake katup buluh
punya RGR murah koq paling cuma Rp. 20-30 ribu spasang. atau model
carbon cuma agak mahalan harganya bisa nyampe Rp.100 rebuan. dan lidah
reed valvenya (besi melengkung yang nyabang kaya lidah ular) bro
dirapatkan lagi jaraknya. biar buka tutup reed valve lebih cepat. hanya
saja kekurangan katup model ini enggak tahan lama paling cuma tiga bulan
ujung reed valve biasanya udah pada grepes atau rompal. kelebihannya
cuma lebih lentur aja.
8. Grip Gas Spontan
peranti ini kayaknya
gak terlalu ngaruh banget, namun kalo kita mau mencermati putaran grip
gas ini dapat mengurangi gerak putar grip menjadi berkurang dan lebih
spontan.
9.Alusin Kulit Duren ehhh... kulit jeruk kata orang bilang
(yg ada di blok mesin)
tujuan agar lebih lancar lagi arus masuk dan
buangnya
10. Velg dan Ban
banyak yang ngakalin untuk mengurangi
beban tunggangan dengan mengganti velg alumunium (contoh merek TK) Velg
ini lebih ringan dari yang originalnya. Velg depan ganti ukuran 17"
dibalut ban ukuran 2.50, velg belakang menggunakan ukuran 18" dibalut
ban ukuran 2.75,
11. Mohon masukkan dari master dan suhu2 dan mohon
maaf jika ada yang salah dalam penerapan hal tersebut diatas mohon
koreksinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar