Posted: 29 November 2010 in drag
bike, MESIN
DAN BALAP
Alhamdulillah,
Terima kasih ya ALLAH , puji syukur kami persembahkan atas
kemurahanMu. Kau datangkan rizki dari langitMu, kau munculkan rizki itu
dari bumiMu, kau dekatkan yang jauh, kau datangkan rizkimu yang sudah
dekat

Honda Tiger
Performance Tuning By RAT
Apasih yang bisa kamu lakukan di bengkel RAT untuk meningkatkan
performa mesin kamu…? Dari sekian lama perjalanan bengkel kita, dari
setiap ilmu yang kita pelajari setiap hari, dari sekian banyak
pengalaman berharga yang kita dapatkan. Jika motor itu masih digunakan
untuk harian, dan bukan untuk balap, maka kita tidak memerlukan beribu
part racing yang mewah dan melimpah, mubadzir kata pak kyiai. Dan jika
modifikasi kita berlebihan hingga lebih menyusahkan pengendara motor itu
selanjutnya di jalan, hukumnya dosa

Karena lebih banyak mudaratnya daripada
manfaatnya.

Porting Head
Tiger
Apa yang bisa dilakukan pada mesin Honda Megapro, ataupun mesin Honda
Tiger dengan dana relatif minim, berkisar 500,000? Ilmu MurMerCeng ala
RAT bisa memberikan paket Stage 1 street modification. Pemakaian untuk
mesin jalan-raya, 30 % lebih bertenaga dari standardnya, keawetan mesin
tetap terjaga tanpa perlu perawatan ekstra, konsumsi bbm tetap irit.
Modifikasi kita “biasa”, lebih banyak mengandalkan part standard bawaan
motor, bagaimana itu semua diolah dengan ilmu yang ada menjadi lebih
bermanfaat, insyaALLAH hasilnya sudah lebih dari cukup.

Jangan Ragu
kirim mesin ke RAT MOTORSPORT :: GASSS!!!
Pertama kita perlu menurunkan mesin, membongkar, meneliti dan
mengukur tingkat keausan seluruh part di cylinder blok maupun cylinder
head. Membaca bagaimana tingkat pembakaran di ruang bakar , ya merekam
jejak bagaimana sejarah kinerja mesin ini sebelumnya, begitu. Setelah
itu anak-anak stm yang magang di bengkel di- “siksa” suruh membersihkan
sampek kinclong semua hihihihihi… bengkel RAT itu mas-mas nya
galak-galak dan kejam-kejam nak ckakakakak…

Overlaping
klep rendah :: +- 2mm
Porting kita desain asimetris ala David Vizard, kelokan porting lebih
difokuskan untuk menciptakan aliran udara yang berpusar di ruang bakar,
menjadikan campuran gas bahan-bakar dengan udara lebih padat muatannya ,
istilah kerenya menjadi homo… gen. Gen homo. Maho. halah… malah bahas
gak jelas. ckakkaka…

Perhitungan sih tetap menggunakan gas
speed formula, ingat, RPM tiger cuma mentok di 10,000 RPM, tidak ada
gunanya mendesain porting besar yang menghasilkan puncak tenaga di
11,000 atau 12,000 RPM, mubadzir, percuma, sia-sia…

Untuk harian bisa desain puncak tenaga di
9,000 RPM, gas speed sudah 102 meter per detik cepatnya dengan lubang
porting 27 milimeter saja, puncak torsi di 6,500 RPM, pasti enak buat di
dalam kota-kota, torsi sudah melimpah mulai 3,000 RPM.

Noken As
street BY RAT
Kompresi bagaimana? Kompresi tidak jauh dari standardnya, kita tetap
menganut aliran kompresi rendah, ini ilmu dari guru saya cak Boirenk…
ahlinya motor balap drag di kelas Sport 4 Tak Honda, oleh karena itu
kita bersyukur didekatkan oleh Allah kepada orang-orang baik.

Porting n
Polished By RAT

Sebelum
dibenahin RAT :: Manifold ga matching :: Porting SURAM!!!
Cak Boi emang agak “gila”, sementara kebanyakan orang menganut aliran
kompresi tinggi – bahkan di buku balap manapun selalu bilang semakin
tinggi kompresi semakin besar tenaga – dia malah menganut aliran
kompresi rendah namun tenaga melebih yang kompresi tinggi, waduh. Baru
dibilangin gitu aja kepala sudah terasa panas, lalu kemudian berdiskusi–
menelaah apa yang beliau maksudkan, kemudian kami diingatkan, bahwa
kami kan sudah memiliki alat bubut noken as yang profesional, ilmu juga
sudah ada, bukankah seharusnya kami bisa menciptakan kompresi yang lebih
efektif dari noken as. Kemudian diajarinya kami ilmu noken as “gembos”
supaya nafas putaran atas motor semakin menggila. Beh… sadaaappp… Senang
sekali bisa berkenalan dengan mekanik-mekanik senior balap surabaya.
Sangar-sangar.. Edan-Edan… Ilmu graham bell gak kepake semua… hihihi…
kalau kita sih, yang baik disaring diapakai dan diterapkan bersamaan
dengan ilmu para peneliti mesin eropa, sambil berharap kita bisa lebih
baik dari guru-guru dan senior-senior kita, amiiiinnnnnnnn… ya Rabb

Cylinder head tidak dipapas – Cylinder blok tidak dipapas , Piston
tidak dicoakin, cukup melepas paking cylinder block, untuk memperdekat
deck clearance, menimbulkan tekanan kompresi lebih tinggi, dan
perbandingan kompresi sedikiiitt diatas standard. Untuk noken as,
megapro yang memiliki langkah piston pendek 49.5 milimeter, kita
mendesain lobe lift noken as hanya setinggi 6,6 milimeter, sedangkan
bagi honda tiger yang lebih memiliki ayunan sepanjang 62,2 milimeter
kita desain lift noken as lebih tinggi 7,2 milimeter. Kenapa begitu?
Semakin tinggi lift kita berikan, semakin besar kevakuman di dalam
mesin, lha kalau ketinggian akan memberikan jelaga ( jeda waktu ) bagi
bahan-bakar masuk kedalam silinder, itu menyalahi aturan david vizard
dalam menjaga kecepatan udara di dalam porting. Ingatlah toh noken as
standardnya juga mampu mengawal mesin tiger hingga 10,000 RPM, cuma kan
kurang bertenaga karena durasinya dan liftnya rendah. Jadi tidak perlu
terlalu jauh dari standardnya untuk mendesain noken as street
performance. Range peningkatan hanya 10 – 15 % saja dari standardnya di
sektor noken as. Sehingga gak asal tabrak aja pake rumus balap, lift
noken as 35 % dari diameter klep. Wah ini bukan motor balap bung… ada
salah – klep nabrak, piston hancur, bos klep oblak, bisa habis 1 juta
malah… lebih baik berhati-hati dahulu daripada susah kemudian

CDI BRT
Hyperband :: Cukup!!
Pengapian kita tetap percaya buatan Tomy Huang, dari pabrikan BRT,
edisi terbaru neo hyperband ini kan didesain untuk mesin kompresi
rendah, jadi ya optimal banget terasanya bergabung dengan modifikasian
bengkel RAT. Pada area kopling simple, kita lepas judder spring, ganti
dengan kampas kopling dengan tapak lebih lebar, kemudian pir kopling
diganjal dengan ring, pir klep juga sih … lupa gak nyebutin he.. Knalpot
kita bobok standardnya , di langganan kita CAK SAHEK exhaust
performance yang bermarkas di sedati. Cak sahek ini banyak berjasa lho
kalau diajak riset knalpot buat balap, kalau kurang enak kembali gratis!
Busyet… Top dah pelayanannya. Dan buktinya knalpotnya juga juara kami
pakai.

Mencari
buka-tutup kem yang pas.
Motor dirakit ulang, melakukan penyetelan klep berdasarkan in close
dan ex open yang tepat. Jetting ulang spuyer, main jet terutama
dinaikkan 2 step. Gasss… megapro di gigi 5 bisa dengan mudah meraih
125kpj, honda tiger nya lebih ngeriii.. menggigit banget tenaganya di
gigi 3 dalam sekejap saja menggapai 100 kpj, top rpm di gigi 5 130kpj,
gak berani nerusin bokkk.. udah mau nabrak, toh bukan buat arogan di
jalan nih. Cuma akselerasinya lumayan mantap dah gak kalah ama motor 2
tak, buat ke kantor — ke sekolah — ke kampus — ke rumah pacar — ke rumah
teman tapi mesra hihihi… oke semua! Suara halus, tampang standard, lari
motor mantap! Keren…
Tetap Sehat — Tetap Semangat :: Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap
Hari!!
Mau tanyak buat tiger kenceng larinya seperti yg RAT jelaskan diatas itu bisa nyampek dana berapa?
BalasHapusbrou,bengkel RAT dimana?
BalasHapusKira kira klu untuk mega pro mono shock harus siapin budget brapa ya Gan?
BalasHapusBengkel R.A.T bisa lu liat alamatnya di blog resmi mereka gan..
BalasHapus