Welcome to my Blog

Translate Atawa Terjemahan

Jumat, 09 Desember 2011

KOREK MESIN HONDA MEGAPRO & TIGER LOW KOMPRESI.

Posted: 29 November 2010 in drag bike, MESIN DAN BALAP
Alhamdulillah,
Terima kasih ya ALLAH , puji syukur kami persembahkan atas kemurahanMu. Kau datangkan rizki dari langitMu, kau munculkan rizki itu dari bumiMu, kau dekatkan yang jauh, kau datangkan rizkimu yang sudah dekat :)
Honda Tiger Performance Tuning By RAT
Apasih yang bisa kamu lakukan di bengkel RAT untuk meningkatkan performa mesin kamu…? Dari sekian lama perjalanan bengkel kita, dari setiap ilmu yang kita pelajari setiap hari, dari sekian banyak pengalaman berharga yang kita dapatkan. Jika motor itu masih digunakan untuk harian, dan bukan untuk balap, maka kita tidak memerlukan beribu part racing yang mewah dan melimpah, mubadzir kata pak kyiai. Dan jika modifikasi kita berlebihan hingga lebih menyusahkan pengendara motor itu selanjutnya di jalan, hukumnya dosa :) Karena lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya.
Porting Head Tiger
Apa yang bisa dilakukan pada mesin Honda Megapro, ataupun mesin Honda Tiger dengan dana relatif minim, berkisar 500,000? Ilmu MurMerCeng ala RAT bisa memberikan paket Stage 1 street modification. Pemakaian untuk mesin jalan-raya, 30 % lebih bertenaga dari standardnya, keawetan mesin tetap terjaga tanpa perlu perawatan ekstra, konsumsi bbm tetap irit. Modifikasi kita “biasa”, lebih banyak mengandalkan part standard bawaan motor, bagaimana itu semua diolah dengan ilmu yang ada menjadi lebih bermanfaat, insyaALLAH hasilnya sudah lebih dari cukup.
Jangan Ragu kirim mesin ke RAT MOTORSPORT :: GASSS!!!
Pertama kita perlu menurunkan mesin, membongkar, meneliti dan mengukur tingkat keausan seluruh part di cylinder blok maupun cylinder head. Membaca bagaimana tingkat pembakaran di ruang bakar , ya merekam jejak bagaimana sejarah kinerja mesin ini sebelumnya, begitu. Setelah itu anak-anak stm yang magang di bengkel di- “siksa” suruh membersihkan sampek kinclong semua hihihihihi… bengkel RAT itu mas-mas nya galak-galak dan kejam-kejam nak ckakakakak…
Overlaping klep rendah :: +- 2mm

Porting kita desain asimetris ala David Vizard, kelokan porting lebih difokuskan untuk menciptakan aliran udara yang berpusar di ruang bakar, menjadikan campuran gas bahan-bakar dengan udara lebih padat muatannya , istilah kerenya menjadi homo… gen. Gen homo. Maho. halah… malah bahas gak jelas. ckakkaka… :D Perhitungan sih tetap menggunakan gas speed formula, ingat, RPM tiger cuma mentok di 10,000 RPM, tidak ada gunanya mendesain porting besar yang menghasilkan puncak tenaga di 11,000 atau 12,000 RPM, mubadzir, percuma, sia-sia… :) Untuk harian bisa desain puncak tenaga di 9,000 RPM, gas speed sudah 102 meter per detik cepatnya dengan lubang porting 27 milimeter saja, puncak torsi di 6,500 RPM, pasti enak buat di dalam kota-kota, torsi sudah melimpah mulai 3,000 RPM.
Noken As street BY RAT
Kompresi bagaimana? Kompresi tidak jauh dari standardnya, kita tetap menganut aliran kompresi rendah, ini ilmu dari guru saya cak Boirenk… ahlinya motor balap drag di kelas Sport 4 Tak Honda, oleh karena itu kita bersyukur didekatkan oleh Allah kepada orang-orang baik.
Porting n Polished By RAT
Sebelum dibenahin RAT :: Manifold ga matching :: Porting SURAM!!!
Cak Boi emang agak “gila”, sementara kebanyakan orang menganut aliran kompresi tinggi – bahkan di buku balap manapun selalu bilang semakin tinggi kompresi semakin besar tenaga –  dia malah menganut aliran kompresi rendah namun tenaga melebih yang kompresi tinggi, waduh. Baru dibilangin gitu aja kepala sudah terasa panas, lalu kemudian berdiskusi– menelaah apa yang beliau maksudkan, kemudian kami diingatkan, bahwa kami kan sudah memiliki alat bubut noken as yang profesional, ilmu juga sudah ada, bukankah seharusnya kami bisa menciptakan kompresi yang lebih efektif dari noken as. Kemudian diajarinya kami ilmu noken as “gembos” supaya nafas putaran atas motor semakin menggila. Beh… sadaaappp… Senang sekali bisa berkenalan dengan mekanik-mekanik senior balap surabaya. Sangar-sangar.. Edan-Edan… Ilmu graham bell gak kepake semua… hihihi… kalau kita sih, yang baik disaring diapakai dan diterapkan bersamaan dengan ilmu para peneliti mesin eropa, sambil berharap kita bisa lebih baik dari guru-guru dan senior-senior kita, amiiiinnnnnnnn… ya Rabb :)

Cylinder head tidak dipapas – Cylinder blok tidak dipapas , Piston tidak dicoakin, cukup melepas paking cylinder block, untuk memperdekat deck clearance, menimbulkan tekanan kompresi lebih tinggi, dan perbandingan kompresi sedikiiitt diatas standard. Untuk noken as, megapro yang memiliki langkah piston pendek 49.5 milimeter, kita mendesain lobe lift noken as hanya setinggi 6,6 milimeter, sedangkan bagi honda tiger yang lebih memiliki ayunan sepanjang 62,2 milimeter kita desain lift noken as lebih tinggi 7,2 milimeter. Kenapa begitu? Semakin tinggi lift kita berikan, semakin besar kevakuman di dalam mesin, lha kalau ketinggian akan memberikan jelaga ( jeda waktu ) bagi bahan-bakar masuk kedalam silinder, itu menyalahi aturan david vizard dalam menjaga kecepatan udara di dalam porting. Ingatlah toh noken as standardnya juga mampu mengawal mesin tiger hingga 10,000 RPM, cuma kan kurang bertenaga karena durasinya dan liftnya rendah. Jadi tidak perlu terlalu jauh dari standardnya untuk mendesain noken as street performance. Range peningkatan hanya 10 – 15 % saja dari standardnya di sektor noken as. Sehingga gak asal tabrak aja pake rumus balap, lift noken as 35 % dari diameter klep. Wah ini bukan motor balap bung… ada salah – klep nabrak, piston hancur, bos klep oblak, bisa habis 1 juta malah… lebih baik berhati-hati dahulu daripada susah kemudian :)
CDI BRT Hyperband :: Cukup!!
Pengapian kita tetap percaya buatan Tomy Huang, dari pabrikan BRT, edisi terbaru neo hyperband ini kan didesain untuk mesin kompresi rendah, jadi ya optimal banget terasanya bergabung dengan modifikasian bengkel RAT. Pada area kopling simple, kita lepas judder spring, ganti dengan kampas kopling dengan tapak lebih lebar, kemudian pir kopling diganjal dengan ring, pir klep juga sih … lupa gak nyebutin he.. Knalpot kita bobok standardnya , di langganan kita CAK SAHEK exhaust performance yang bermarkas di sedati. Cak sahek ini banyak berjasa lho kalau diajak riset knalpot buat balap, kalau kurang enak kembali gratis! Busyet… Top dah pelayanannya. Dan buktinya knalpotnya juga juara kami pakai. :)
Mencari buka-tutup kem yang pas.
Motor dirakit ulang, melakukan penyetelan klep berdasarkan in close dan ex open yang tepat. Jetting ulang spuyer, main jet terutama dinaikkan 2 step. Gasss… megapro di gigi 5 bisa dengan mudah meraih 125kpj, honda tiger nya lebih ngeriii.. menggigit banget tenaganya di gigi 3 dalam sekejap saja menggapai 100 kpj, top rpm di gigi 5 130kpj, gak berani nerusin bokkk.. udah mau nabrak, toh bukan buat arogan di jalan nih. Cuma akselerasinya lumayan mantap dah gak kalah ama motor 2 tak, buat ke kantor — ke sekolah — ke kampus — ke rumah pacar — ke rumah teman tapi mesra hihihi… oke semua! Suara halus, tampang standard, lari motor mantap! Keren… :)
Tetap Sehat — Tetap Semangat :: Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari!!

4 komentar:

  1. Mau tanyak buat tiger kenceng larinya seperti yg RAT jelaskan diatas itu bisa nyampek dana berapa?

    BalasHapus
  2. Kira kira klu untuk mega pro mono shock harus siapin budget brapa ya Gan?

    BalasHapus
  3. Bengkel R.A.T bisa lu liat alamatnya di blog resmi mereka gan..

    BalasHapus